Back To Top
SMK REMAJA PLUIT

Jl. Pluit Selatan I No.1, RT.1/RW.6, Pluit, Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14450

Breaking News
Loading...

Kamis, 25 April 2019

WVI Lakukan Pendampingan Usaha Lanjutan Bagi Pelajar di Jakarta

26 Mar 2019

Para siswa SMK Remaja Pluit saat mengikuti pelatihan kewirausahaan
Guna meningkatkan kapasitas pemuda agar siap memanfaatkan peluang-peluang ekonomi, Wahana Visi Indonesia (WVI) melakukan pendampingan bagi para calon pengusaha muda. Dimulai dengan implementasi Young Project di tahun 2015, WVI melakukan pendampingan Youth Entrepreneur melalui kerjasama dengan pihak sekolah. Salah satunya dengan SMK Remaja Pluit yang berlokasi di Kecamatan Penjaringan.
Program pendampingan yang dilakukan memiliki rangkaian aktivitas, mulai dari Seminar Motivasi Usaha, Pelatihan Kewirausahaan melalui Kelas Juragan dan Pemberian Stimulan Usaha.  Selain itu, WVI juga melakukan pelatihan untuk pelatih / ToT (Training of Trainer) kepada guru-guru untuk memastikan mereka memiliki kapasitas untuk melakukan pendampingan usaha.
Walaupun pendampingan dari WVI melalui Young Project telah berakhir di tahun 2017, para pengusaha muda yang telah dilatih masih terus menjalankan kegiatan usaha mereka.  Sebut saja salah satunya Wilda, siswi kelas 12 yang mengikuti Kelas Juragan di tahun 2015-2016, yang masih terus konsisten menjalankan usahanya. Bahkan saat ini omset yang diperolehnya per hari bisa mencapai Rp500.000 hingga Rp600.000.
“Saya jualan sepuluh macam kue, ada lumpia, tahu, cilok ketan, pisang coklat, tahu geprek, takoyaki dan lain-lain. Saya menjual dagangan ibu dan saudara saya di sini (SMK Remaja Pluit). Alhamdulillah tiap hari habis dan dapat keuntungan bersih sekitar Rp150 ribu sampai Rp200 ribu. itu sudah dikeluarkan biaya untuk menggaji karyawan.  Keuntungannya saya tabungin, kan saya sudah punya ATM Sendiri,” cerita Wilda.
Saat ini Wilda dibantu oleh dua orang karyawan yang digaji Rp25 ribu-Rp30 ribu. Mereka adalah adik kelas yang diperbantukan untuk menyebarkan barang dagangan Wilda.
“Saya kan sekolah pagi, jadi dua orang adik kelas saya itu membantu menjual di pagi hari.  Selesai sekolah, siang hari saya yang menjual dagangan. Kalau siang saya biasanya yang menjual, karena kalau kelas siang, malas ke kantin,” tambah siswi yang bercita-cita menjadi wirausahawan ini.
Kini dikarenakan adanya kebutuhan untuk terus melakukan pendampingan di SMK Remaja Pluit, WVI kembali memberikan program pelatihan yang dimulai dengan kegiatan Seminar Motivasi Usaha pada Februari 2019 lalu. Kegiatan ini difasilitasi oleh Djakarta Youth Center dan dibuka oleh Ketua Yayasan Pendidikan Nasional SMK Remaja Pluit Ruth Minaria,  Kepala Sekolah SMK Remaja Pluit Aas Sulasih, serta didampingi penuh oleh Mufida selaku guru pembimbing.
Yanti yang mengikuti kegiatan ini mengaku merasakan manfaat setelah terlibat di dalam seminar.
“Saya sangat puas dengan materi hari ini. Saya berpikir bahwa anak muda itu perlu berkreasi. Saya juga mempelajari usaha itu sangat sulit dan kalo anak zaman sekarang itu kan banyak yang gengsi, saya ambil manfaatnya agar saya bisa menjadi mandiri,” ujar Yanti.

Terima Kasih Telah Menghubungi SMK Remaja Pluit